Pages

TUGAS DAN FUNGSI KEPALA DUSUN



TUGAS POKOK KEPALA DUSUN/KADUS

TUPOKSI KEPALA DUSUN/KADUS





TUPOKSI KEPALA DUSUN


Pada kesempatan ini saya akan menulis tentang tugas dan fungsi dari aparatur pemerintahan desa yaitu Kepala Dusun, kenapa ini saya tulis karena masih banyak perangkat desa yang belum tau/mengerti dengan tugas/pekerjaanya masing-masing.

Baiklah kita langsung saja apasih tugas Pokok dari seorang Kepala Dusun, ……… ? Tugas pokok kepala dusun adalah :

1. Kepala Dusun/Kadus adalah perangkat desa yang kedudukannya sebagai pembantu dari kepala desa di wilayahnya

2. Kepala Dusun/Kadus memiliki kewajiban dan tugas untuk menjalankan kegiatan pemerintahan, ketertiban, kemasyarakatan, ketentraman dan juga pembangunan di wilayahnya

3. Kepala Dusun/Kadus di dalam melaksanaan tugas dan kewajibannya, bertanggung jawab kepada Kades (kepala desa)

4. Kepala Dusun bertugas untuk melaksanakan keputusan dari kebijakan yang diambil oleh kepala desa di wilayahnya

5. Kepala Dusun bertugas untuk juga membantu kepala desa di dalam berbagai kegiatan, seperti : pembinaan dan kerukunan warga serta penyuluhan

6. Kepala Dusun bertugas juga untuk melaksanakan tugas lain yang telah diberikan oleh kepala desa
Begitulah tugas tugas pokok yang harus dijalankan oleh kepala dusun. Di dalam aspek  menjaga ketertiban, kenyamanan, ketentraman dan keamanan warga, kepala dusun adalah garda terdepan dalam kegiatasn pos kamling. Kepala dusun lah yang bertugas untuk mengecek ke lapangan apakah warga nya dari berbagai RW telah melaksanakan pos kamling/siskamling/ronda ini.
Dari uraian diatas saja kita sudah bisa mengetahui akan betapa pentingnya tugas dan wewenang dari kadus ini, dan juga perannya cukup sentral yaitu menjadi wakil kepala desa di dusunnya disaat kepala desa nya berhalangan untuk hadir. Oleh karena itu, kita harus mengetahui tugas dan fungsi dari kepala dusun ini, agar kita paham mengenai tata cara atau sistem pemerintahan di desa. Selain itu kita juga harus mempelajari tugas dan wewenang dari perangkat desa lainnya agar sebagai warga yang baik, kita paham akan tugas dari perangkat desa dan kita bisa ikut mendorong para perangkat desa agar bisa bekerja dengan lebih baik lagi, begitulah Tugas Pokok Kepala Dusun ini, semoga bermanfaat bagi kita semua.

0 Comments:

Posting Komentar